Selasa, 11 Maret 2014

[India] The Queen's Stepwell : Rani Ki Vav



Rani Ki Vav adalah stepwell terkenal yang terletak di kota Patan yang berada di Gujarat, India. Stepwell sendiri biasanya disebut kalyani atau pushkarani yang merupakan sumur atau kolam yang airnya dalam namun biasanya ditutupi atau dilindungi oleh arsitektur yang signifikansi. Kota Patan dulu dikenal sebagai Anhilpur Patan ketika Raja Siddharja Jaysingh memerintah dan merupakan ibukota Gujarat. Selama periode Solanki atau Chalukya, stepwell yang kemudian dikenal dengan nama Rani Ki Vav (Langkah Ratu) ini mulai dibangun dan ini adalah monumen yang kaya pahatan. 

Bangunan ini perkirakan dibangun dalam memori Bhimdev I (AD 10022-1063) yang merupakan anak Mularaja, pendiri dinasti Solanki dari Anahilwada Pattan di sekitar tahun 1050 oleh ratu janda Udayamati. Rani Ki Vav kemudian diselesaikan oleh Udayamati dan Karandev I setelah kematiannya. Sebuah referensi yang mencatat bahwa Udayamati membangun monumen ini ada di "Prabandha Chintamani" yang disusun oleh Merunga Suri pada tahun 1304 AD. Sebelum saya memberikan informasi lebih banyak mengenai tempat ini mari kita lihat dulu videonya :)


Bangunan megah ini memiliki panjang sekitar 64 meter dengan lebar 20 meter dan kedalaman 27 meter ke dalam tanah. Sebelumnya tempat ini sempat tertimbun lumpur dan yang terlihat hanya beberapa baris dari panel pahatan di bagian melingkar stepwell ini. Berbagai ukiran yang indah menghiasi stepwell ini sehingga karena itulah dinamakan Rani Ki Vav karena dianggap sebagai ratu dari berbagai jenis stepwell lainnya yang ada di India. Sebagian patung (dari lebih 800 patung) yang ada di dalam stepwell ini memperlihatkan pengabdian kepada dewa Wisnu (dalam bentuk patung Rama, Mahisasurmardini, Narsihn, Vaman, Varahi dan banyak lagi).

Uniknya lagi, sekitar 50 sd 60 tahun yang lalu, dulu ada tanaman ayuryedic di sekitar kawasan ini yang menyebabkan air terakumulasi ke dalam Rani Ki Vav yang diyakini dipercaya untuk melawan virus dan penyakit seperti demam. Tempat ini dibanjiri oleh sungai Saraswati yang ada di dekatnya sehingga tertimbun lumpur hingga akhir tahun 1980-an yang kemudian digali oleh Archeological Survey of India dengan ukiran yang masih utuh. Luar biasa!

Ini kartu pos yang luar biasa! Ada tiga prangko yang menghiasi kartu pos ini. Kartu pos pertama memperlihatkan Bhimrao Ramji Ambedkar (14 April 1891 - 6 Desember 1956) tokoh yang dikenal sebagai Bapak Konstitusi India yang populer sebagai Babasaheb yakni seseorang yang ahli hukum, politisi, filsuf, antropolog, sejarawan dan ekonom. Prangko kedua adalah The Scinde Horse yang sepertinya memperlihatkan taktik berperang. Dan yang terakhir adalah Bhakra Dam yakni bendungan gravitasi beton yang ada di Sungai Sutlej, Bilaspur, Himachal Pradesh di India Utara. 

Kartu pos yang luar biasa! Karena hal-hal menakjubkan yang ada di situs ini, UNESCO mempertimbangkan tempat ini untuk dijadikan sebagai salah satu Warisan Situs Dunia. Terima kasih Ankit atas kiriman kartu pos ini. Ankit, किसी दिन मैं सीधे इस स्थान का दौरा कर सकते हैं उम्मीद है कि .. यह पोस्टकार्ड पूरी तरह से भयानक और इस अद्भुत पोस्टकार्ड के लिए बहुत बहुत धन्यवाद.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar