Kamis, 20 Maret 2014

[Ghana] Elmina Castle



Ghana secara resmi bernama Republik Ghana. Yakni sebuah negara berdaulat yang terletak di sepanjang Teluk Guinea dan Samudera Atlantik di Afrika Barat. Di tahun 1957, Ghana menjadi negara Afrika pertama yang mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Eropa. Berbatasan langsung dengan Pantai Gading di barat, Burkina Faso di utara, Togo di timur, dan Samudera Atlantik di selatan, negara yang berarti "Prajurit Raja" ini kini tumbuh menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dan menjadi anggora pendiri gerakan Non Blok.

Sebelum zaman penjajahan, Ghana sempat diduduki oleh beberapa kekaisaran kuno termasuk kekaisaran pedalaman Ashanti dan  Kekaisaran Akwamu. Ada bukti arkeologi yang menunjukkan bahwa manusia telah tinggal di Ghana sejak Zaman Perunggu. Namun, sampai abad ke-11, sebagian besar wilayah teritorial Ghana moderen sebagian besar tidak dihuni manusia. 

Gambar yang ada di kartu pos ini ialah Elmina Castle atau Kastil Elmina yakni kastil yang dibangun oleh Portugis pada tahun 1482 dan dikenal sebagai São Jorge da Mina Castle (St George Tambang) atau yang kemudian dikenal sebagai Elmina. Kastil ini merupakan pos perdagangan pertama yang dibangun di Teluk Guinea sehingga merupakan bangunan tertua di Eropa eksistensi di kawasan gurun Sahara. Kastil ini pertama kali didirikan sebagai pemukiman perdagangan, benteng kemudian menjadi salah satu berhenti yang paling penting pada rute perdagangan budak Atlantik.

Belanda merebut benteng/kastil ini dari Portugis pada tahun 1637, dan mengambil alih semua Portugis Gold Coast pada tahun 1642. Perdagangan budak terus terjadi di bawah kendali Belanda sampai tahun 1814. Pada tahun 1872 Belanda Gold Coast, termasuk benteng ini menjadi milik Kerajaan Inggris. Inggris lalu memberikan kemerdekaan kepada Ghana pada tahun 1957. Kini Elmina Castle adalah situs sejarah yang populer dan diakui oleh UNESCO sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang harus dilindungi.

Ada dua prangko bertema burung di kartu pos ini. Yang pertama adalah The Stork Yellow-billed (Mycteria ibis) yang merupakan burung keluarga bangau Ciconiidae. Burung ini banyak terdapat di Afrika selatan /Sahara dan di Madagaskar. Prangko kedua memperlihatkan The Flycatchers Paradise yakni burung pita ekor panjang. Perpaduan menarik antara kartu pos dan prangko. Bonsie, thank you so much for this great postcard and beautiful stamps. :) I like it ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar