Rabu, 26 Maret 2014

[Malta] Grand Harbour in Valletta



Grand Harbour adalah pelabuhan alami yang ada di Malta. Pelabuhan ini telah digunakan sejak zaman Phoenicia. Kini, pelabuhan alami ini telah dikembangkan dengan memperluas dermaga demi memfasilitasi kebutuhan pelayaran di negara cantik ini. Grand Harbour berbatasan langsung dengan St Elmo di sebelah utara yang juga sekaligus terlindungi oleh breakwater. Sedangkan di arah selatan, pelabuhan ini berbatasan dengan Ricasoli Point. Di barat terbentuk semenanjung Scebarras yang sebagian besar 'ditutupi' oleh kota Valletta dan pingirian kota Floriana.

Dibantu dengan keberadaan pelabuhan Marsamxett, Grand Harbour terletak di tanah tinggi (menaiki lereng sehingga membentuk mangkuk). Sebagian besar pendudul Malta tinggal dalam radius 3 Km dari Floriana menjadikan kawasan ini sebagai salah satu daerah paling padat di Eropa. Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai pelabuhan indah ini, mari saksikan dulu kemegahan Grand Harbour melalui video berikut ini. 


Luar biasa indah! Inilah pelabuhan yang sekaligus menjadi situs abad ke-16 yang pernah diterjang tornado hingga menewaskan lebih dari 600 orang. Tempat ini pula yang menjadi saksi pertempuran First Siege of Malta ketika Turki berusaha untuk mengeluarkan Knights of St John. Wilayah ini pun sempat dibom selama Second Siege of Malta selama Perang Dunia II karena menjadi markas instalasi militer yang berada di sekitar pelabuhan. Namun, sekarang pelabuhan ini sudah kembali kokoh dan indah. Menjadikan sebagai salah satu tujuan wisatawan.

Pelabuhan yang berada di Valletta (yang sekaligus menjadi ibukota Malta ini) dimana banyak terdapat bangunan dari abad ke-16 di sini. Kota yang dibangun pada saat pemerintahan Orde St John of Jerusalem ini juga dikenal sebagai Knights Hospitaller. Karena beberapa aspek itulah, The City of Valletta secara resmi diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO sejak tahun 1980. Kota ini dinamai Jean Parisot de Valette yang berhasil mempertahankan wilayah ini dari invasi Ottoman pada tahun 1565.

Inilah kartu pos yang dikirimkan oleh Claudia dari negara yang oleh Orde Saint John diberi nama resmi Humilissima Civitas Valletta (Kota Paling Ramah dari Valletta) ini. Terima kasih banyak, Claudia. Saya suka sekali kartu pos ini. Claudia, Grazzi tant għal dan kartolina beautiful. Issa, dan kartolina se jkun wieħed mill kartolina favorit tiegħi. Nisperaw, someday I jistgħu jivjaġġaw lejn Valletta u tara l-belt Valletta beautiful direttament :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar