Rabu, 19 Maret 2014

[Åland Islands] Kastelholms Slott



Åland Islands atau Kepulauan Åland adalah daerah otonom dan demiliterisasi berbahasa Swedia yang berada di wilayah Finlandia. Wilayah ini terdiri dari kepulauan yang terletak di pintu masuk Teluk Bothnia di Laut Baltik. Åland sendiri terdiri dari Fasta Åland yakni pulau utama dimana 90% penduduknya tinggal dan juga lebih dari 6500 skerries atau bebatuan yang menyerupai pulau di sebelah timur. Status otonom yang dimiliki Aland menjadikan wilayah ini berkedudukan seperti provinsi lainnya.

Dulunya, Åland Islands merupakan bagian dari wilayah Rusia yang lalu diserahkan ke Swedia di bawah Perjanjian Fredrikshamn di September 1809. Akibatnya, bersama dengan semua bagian lain dari Finlandia, mereka menjadi bagian dari Grand Duchy semi-otonom dari Finlandia. Selama proses ini, Swedia gagal mengamankan ketentuan bahwa pulau-pulau tidak difortifikasi. Masalah ini sangat penting tidak hanya untuk Swedia tetapi juga untuk Inggris, yang khawatir bahwa kehadiran militer di pulau-pulau dapat mengancam kepentingan militer dan komersial Inggris. 

Pada tahun 1832, Rusia mulai membentengi pulau-pulau dengan benteng besar dari perang Bomarsund. Sebuah gaya Inggris dan Perancis gabungan kapal perang dan marinir ditangkap dan menghancurkan benteng pada 1854 sebagai bagian dari kampanye di Baltik selama Perang Crimean. The 1856 Perjanjian Paris demiliterisasi seluruh kepulauan Åland Islands. Sebuah sejarah penjang membentang dialami Åland Islands sehingga menjadi daerah otonom seperti sekarang.

Gambar utama yang berada di kartu pos ini ialah Kastelholms Slott yakni reruntuhan kastil yang masih dirawat baik di paroki Sund di Åland. Kastelholm pertama kali disebutkan dalam wasiat Marsekal Bo Johnsson di tahun 1388. Kastil ini awalnya diletakkan di sebuah pulau kecil tetapi air mengangkat salah satu sisi kastil. Naas, kastil ini sempat terbakar di abad ke-18 tepatnya di tahun 1619. Kastil ini juga pernah menjadi pusat administrasi Åland sampai tahun 1634.

Yeay! Prangkonya memperlihatkan kapal pesiar MS Viking Grace yakni sebuah cruiseferry yang dibangun di STX Eropa, Turku, Finlandia untuk perusahaan feri Finlandia berbasis Viking Line. Inilah kapal feri penumpang skala besar pertama yang menggunakan bahan bakar LNG yakni gas alam cair. Kartu pos yang bagus dan prangko yang keren. Mikaela, tack så mycket för denna fina vykort och även grymma frimärken. Tack för att byta vykort och din vänlighet att byta vykort med mig dig :)

2 komentar:

  1. I'm glad you like the card! (Postcrossing won't let me send any more messages today, apparently seven is the limit) I haven't received yours yet but I will let you know as soon as it arrives!
    Mikaela

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha yup, we only can send 7 messages a day.
      Once again, thank you Mikaela :) and please tell me if you get my card okay :)

      Hapus