Kamis, 06 Maret 2014

[Morocco] Berber Woman Making Tapestry



The Berbers adalah etnis pribumi yang berada di Afrika Utara tepatnya sebelah barat Sungai Nil. Mereka tersebar dari Samudera Atlantik ke Siwa Oasis di Mesir. Juga dari Laut Mediterania hingga ke Sungai Niger. Secara historis, mereka berbicara bahasa Berber dan secara bersama-sama membentuk Kelompok Berber dari keluarga bahasa Afro-Asia. Dikarenakan penaklukan Muslim dari Afrika Utara pada abad ke-7 kini sebagian besar masyarakat Berber telah berbicara menggunakan bahasa Maghrebi Arab baik dikarena pilihan dan juga kewajiban. Selain itu mereka juga berbicara bahasa Perancis dan Spanyol.

Nama Berber muncul pertama kalinya setelah akhir Kekasiaran Romawi. Istilah Berber tersebar di periode setelah kedatangan Vandal selama invasi utama mereka. Sejarah Romawi di Afrika membuat referensi pertama istilah "barbar" untuk menggambarkan kaum Numidia. Istilah Inggris kemudian digunakan di abad ke-19. Masyarakat Berber yang berpendidikan banyak terdapat di Aljazair, Maroko dan Tunisia yang biasanya menekuni pendidikan tinggi dan menjalankan bisnis. Saat ini, masyarakat Berber yang masih berbahasa Berber banyak tinggal di Aljazair dan Maroko.

Gambar yang ada di kartu pos ini memperlihatkan wanita barbar yang sedang membuat karpet atau permadani secara tradisional. Permadani Maroko memang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Kartu pos yang menarik :) saya juga suka prangkonya terlebih yang di sisi kanan seperti memperlihatkan koin atau wajan besar bertuliskan bahasa arab. Prangkonya sendiri dicetak dengan cetakan timbul. Keren! Farid, terima kasih atas kartu pos ini. Farid, شكرا جزيلا لهذا بطاقة بريدية جميلة. أنا أحب هذه البطاقة البريدية :)

4 komentar:

  1. keren itu perangko yang kayak koin... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm bisa jadi itu memang koin ya mbak Dee :) tapi rame banget ya haha

      Hapus
  2. eh itu nempelin koin gitu gak lepas ya? gak ilang juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh maksudku gambar yang ada di prangko itu bisa jadi koin hihihi. Kalo koin udah lepas pasti :D

      Hapus