Rabu, 26 Februari 2014

[Austria] In The Norvegienne



In The Norvegienne adalah judul lukisan yang kemudian dijadikan gambar kartu pos ini. Siapakah pelukisnya? yup, seperti yang tertulis di belakang kartu pos, lukisan ini dilukis oleh Claude Monet, seorang pelukis terkenal yang karya-karyanya sering menghiasi atau dijadikan properti di berbagai judul film. Jadi sosok seperti apakah Claude Monet yang karya-karyanya bisa kita lihat di situs Claudemonetgallery  ini?

Claude Monet atau yang bernama lengkap Claude Oscar Monet adalah pelukis Perancis yang lahir di Paris pada tanggal 14 November 1840. Beliau dikenal sebagai pelukis edngan aliran impresionisme, yakni sebuah aliran lukisan yang berusaha menampilkan kesan-kesan kepercayaan yang kuat dan lebih menekankan pada tampilan warna bukan bentuk. Aliran ini diperkenalkan langsung oleh Monet pada abad ke-19.

Monet lahir dari pasangan Adolphe dan Louise-Justnine Monet yang kemudian memutuskan pindah ke Le Havre pada tahun 1845 di Normandia saat Monet berusia lima tahun. Orang tua Monet awalnya menginginkan anaknya meneruskan usaha keluarga mereka namun Monet lebih tertarik akan seni ketika masuk ke sekolah Le Havre dimana ia mendapatkan pelajaran menggambar dari Jean-Francois Ochard setelah sebelumnya sempat belajar kepada Jacques-Louis David (1748-1825). Namun, Eugene Boudinlah yang memperkenalkan Monet dengan cat minyak. Boudin pula yang mengajarkan Monet teknik en plein air (melukis di luar ruangan).

Saat Monet berkunjung ke museum Louvre, Paris, ia melihat banyak pelukis yang meniru lukisan yang terlebih dahulu dikenal. Tidak dengan Monet, ia dengan gigih memilih untuk menghasilkan karyanya sendiri. Pada Juni 1861, Monet bergabung dengan pasukan Resimen I Kavaleri Ringan Afrika di Aljazair untuk wajib militer. Namun karena sakit tipus, ia menerima saran bibinya Madame Lecadre untuk keluar dari wajib militer dan menyelesaikan studi seni rupanya di universitas.

Saat ia bergabung di studio Charles Gleyre, ia berkenalan dengan Pierre-Auguste Renoir, Frederic Bazille dan Afred Sisley dan mereka berusaha mengembangkan teknik baru seni rupa yakni melukis berdasarkan efek pantulan cahaya. Inilah cikal bakal aliran impresionisme dalam lukisan. Karya Monet yang paling dikenal adalah Camille atau La Femme a la Robe Verte yang dibuat pada tahun 1868 dan sekaligus awal dari kepopulerannya. Uniknya, model lukisan Camille adalah calon istrinya sendiri, Camille Doncieux :) Monet meninggal dunia pada tanggal 5 Desember 1926 di kota Giverny dia berumur 86 tahun.

Prangko kartu pos ini juga merupakan salah satu lukisan yang dibuat oleh pelukis Austria bernama Gustav Klimt. Salah satu pelukis simbolis terkenal dari Viennese Art Nouveau. Saya suka kartu pos dan juga prangkonya. Kartu ini dikirimkan oleh seorang postcrosser asal Austria bernama Barbara. Terima kasih :) thank you so much for this nice postcard and stamp, Barbara :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar