Minggu, 16 Februari 2014

[Indonesia] Tari Kecak





Kecak sudah kadung dikenal sebagai salah satu nama tarian. Namun, sesungguhnya Kecak adalah pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an dimana tari dan pertunjukkaninidimainkan oleh puluhan (bahkan ratusan) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dengan irama tertentu sembali menyerukan "cak" dan mengangkat kedua tangan.

Tarian ini menggambarkan kisah Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun demikian, Kecak berasal dari ritual Sanghyang, yaitu tradisi tarian dimana penarinya berada pada kondisi yangtidak sadar karena tengah melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur sembari menyampaikan harapan-harapan tersebut ke masyarakat.

Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kai kotak-kotak seperti papan catur. Selain penari itu, ada pula penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman dan Sugriwa. Pertunjukan seni ini tidak menggunakan alat musik namun hanya menggunakan kincringan yang dikenakan di kaki penari yang memerankan tokoh Ramayana. Uniknya, tarian ini diciptakan oleh Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jeman Walter Spies yang kemudian dipopulerkan ke seluruh dunia saat tur keliling duni bersama rombongan penari Balinya. Saya pribadi pernah melihat tarian ini menjadi sebuah adegan di film The Fall, sebuah film indah produksi hollywood. Jc Lee, sekali lagi terima kasih kartu posnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar