Minggu, 23 Februari 2014

[Saudi Arabia] Arafah And Mina

 


Arafah atau yang sering disebut padang Arafah adalah area terbuka dan luas yang berada di sebelah timur kota suci Mekkah, Arab Saudi. Ini adalah area yang penting karena setiap tanggal 9 Dzulhijjah pada penanggalan Hijriyah semua jamaah haji berkumpul di padang ini untuk melaksanakan wukuf yang merupakan inti dari ibadah haji. Selain terdapat Masjid Namira, di padang Arafah inilah terdapat Jabal Rahmah, yakni sebuah tempat dimana Nabi Adam dan Siti Hawa untuk pertama kalinya dipertemukan kembali oleh Allah Swt setelah 'turun' dari Surga. Tempat ini kini ditandai dengan sebuah tugu.

Menurut sejumlah referensi, wukuf di Arafah merupakan miniatur Padang Mahsyat, dimana seluruh umat manusia akan dibangkitkan kembali dari kematian di yaumil akhir nanti. Setelah dibangkitkan kembali, manusia dihimpun di suatu tempat bernama Padang Mahsyar ini guna mempertanggung jawabkan semua amal perbuatan semasa hidup di dunia. Wukuf seolah mengingatkan manusia akan hari kebangkitan itu sehingga sudah selayaknya semua manusia mempersiapkan diri dalam menghadapi hari kebangkitan tersebut.



"Generan views of Devils in Mina" itu yang terulis dibalik kartu pos ini. Hmm, Devils? Iblis? Apa hubungan tempat ini dengan makhluk ciptaan Allah Swt yang terbuat dari api itu? sebelumnya, saya ingin menginformasikan sedikit mengenai Mina. Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak 5 Km sebelah timur Mekkah. Mina terletak antara Mekkah dan Muzdalifah dan dijuluki sebagai kota tenda karena berisi tenda-tenda untuk jutaan jamaah haji dari seluruh dunia. Mina akan didatangi setiap tanggal 8 Dzulhijah atau sehari sebelum wukuf.

Di Mina, jemaah akan melakukan Lontar Jumrah yakni kegiatan yang merupakan salah satu bagian dari ibadah haji. Jemaah akan melemparkan batu-batu kecil ke tiga tiang atau jumrah dalam bahasa arab. Para jemaah akan mengumpulkan batu-batu tersebut di hamparan Muzdalifah dan melemparkannya ke jumrah. Entah bagaimana sejarahnya sehingga melempar jumrah ini diartikan seolah melempari iblis atau bisa diartikan untuk menghalau iblis dari kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar