Kamis, 27 Februari 2014

[Netherlands] The Martini Tower in Groningen



Groningen adalah salah satu provinsi di Belanda. Wilayah ini menjadi bagian dari Frisia, Kekaisaran Frank. Pada abad ke-14, kota Groningen menjadi anggota Liga Hanseatic. Ibukota provinsi ini juga sama dengan nama provinsinya yakni kota Groningen. Kota Groningen adalah kota terbesar yang berada di utara Belanda. Kota ini didirikan pada titik paling utara wilayah Hondsrug. Tercatat, kota ini sudah diketahui keberadaannya pada tahun 1040. Namun, catatan lain menulis kota ini sudah ada lama sebelum tahun itu yakni ketika ditemukannya jejak arkeologi tertua yang berasal dari tahun 3950-3720 SM.

Pada abad ke-13, Groningen merupakan pusat perdagangan yang penting. Penduduk membangun tembok kota untuk memproteksi wilayah kewenangannya. Tembok menara itu dikenal dengan nama Martinitoren atau The Martini Tower. Ini adalah menara gereja tertinggi di kota Groningen dan merupakan bagian dari Martinikerk (Gereja Martini). Menara ini berisi bata tangga spiral sebanyak 260 anak tangga dan memiliki lonceng sehingga dianggap sebagai salah satu atraksi bagi wisatawan.

Di depan pintu masuk, ada terdapat 3 gambar yakni Lelaki Buta Bernlef, Saint Martinus dan Rudolf Agricola. Ketiganya adalah tokoh penting yang terkait dengan sejarah Groningen. Warga Groningen sendiri menyebut menara ini d'Olle Grieze yang berarti "Abu-Abu". Ini adalah menara kedua karena sebelumnya terdapat sebuah menara yang dibangun pada abad ke-13. Menara sebelumnya hancur tersambar petir. Menara yang ada di kartu pos ini dibangun pada abad ke-15.

Saya suka kartu pos ini. Kartu pos ini dikirimkan oleh Natasha sebagai ucapan terima kasih atas kartu pos yang pernah saya kirimkan sebagai hadiah giveaway di grup postcrossing. Prangkonya juga bagus :) dan, Belanda adalah salah satu negara yang ingin saya explore hingga ke sudut-sudutnya :) Natalia, terima kasih. Dank je wel voor dit mooie briefkaart. Ik hou het zo veel. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar