Senin, 24 Februari 2014

[Bangladesh] Nine Gambuj Mosque



Terus terang, pencarian informasi mengenai apa nama masjid yang ada di kartu pos ini lumayan panjang. Bahkan sampai saya mengetikkan jurnal ini pun saya masih ragu apa sebetulnya nama masjid yang ada di kartu pos ini. Di belakang kartu pos tertulis "Hajrat Khan Jahan Ali Nine Gambuj Mosque" namun ketika saya mencari informasinya, tidak ada satupun gambar masjid yang seratus persen tepat dengan masjid yang ada di kartu pos ini.

Baiklah, mari berkenalan dulu dengan Khan Jahan Ali yang juga dikenal sebagai Ulugh Khan dan Khan-i-Azam. Adalah tokoh muslim dan penguasa lokal di Bagerhat atau yang sekarang dikenal sebagai Bangladesh. Nama Khan-i-Azam menandakan bahwa beliau adalah seorang perwira dari bengal sultan Mahmud Shah Nasiruddin I (1437-1459). Khan Jahan Ali diyakini adalah sosok dibalik terbangunnya Masjid Shait Gumbuj.

Masjid Shait Gumbuj dikenal sebagai The Sixty Dome Mosque yakni masjid terbesar sejak priode kesultanan di Bangladesh dan juga digambarkan sebagai Monumen Muslim paling mengesankan di dataran India (India Subcontinent). Pada abad pertengahan abad ke-15, sebuah koloni Muslim didirikan di hutan mangrove di dekat pantai distrik Bagerhat oleh Khan Jahan. Beliau adalah orang pertama yang membawa Islam dan kemudian mulai menghiasi kota dengan berbagai macam masjid.

Nah jika mengacu pada tulisan "Nine Gambuj Mosque" yang ada di kartu pos bisa jadi gambar tersebut merupakan Majid Nine Dome/Masjid Kubah Sembilan yakni masjid bersejarah yang dibangun oleh jenderal Mughal atas perintah dari Zahir-uddin Muhammad Babur (14 Februari 1483 - 26 Desember 1530) seorang penakluk Asia Tengah dan masih keturunan dari Genghis Khan dimana pengerjaan pembuayan masjid ini diawasi oleh Humayun. Namun, ketika saya melihat fotonya, saya kira bangunan yang ada di foto dan gambar kartu pos tidak mirip. >.<

Ini adalah kartu pos yang bagus serta dihiasi 4 prangko yang juga keren. Prangko pertama bergambar Embroidered/Bordir yakni kerajinan dekorasi kain menggunakan jarum dan benang. Motif yang ada di kartu pos ialah motif khas Bangladesh. Prangko kedua, prangko seri Charity Blood Victims. Prangko ketiga, prangko peringatan 50th Anniversary Asian Pasific Postal Union. Prangko terakhir ialah The 42nd Anniversary of Victory Day in Bangladesh (1971-2013). Sumanto, terima kasih atas kartu pos keren ini :)

Sumanto, এই সুন্দর পোস্টকার্ড জন্য এত ধন্যবাদ :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar