Jumat, 28 Februari 2014

[Bosnia and Herzegovina] Amazing Mostar City



Mostar adalah nama sebuah kota sekaligus kotamadya di Bosnia dan Herzegovina. Menjadi salah satu kota yang penting di wilayah Herzegovina karena kota ini kental akan budaya dan menjadi pusat Federasi Herzegovina-Neretva Canton. Mostar terletak di Sungai Neretva dan merupakan kota terbesar kelima di negara ini. Nama ini ada setelah penjaga jembatan (dalam bahasa setempat disebut mostari) yang di abad petengahan menjaga Stari Most (Old Bridge) di atas sungai Neretva. The Old Bridge dibangun oleh Dinasti Utsmani di abad ke-16 dan menjadi salah satu landmark paling terkenal dan dianggap sebagai salah satu acuan dari arsitektur Islam di Balkan.

Sejak zaman prasejarah sudah ada pemukiman manusia disekitar Sungai Neretva. Tepatnya diantara Hum Hill dan Velez Mountain. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya benteng enceintes dan pemakaman. Bukti kependudukan Romawi juga ditemukan di kota ini. Sejak abad pertengahan dan basilika Kristen tetap digunakan di akhir zaman kuno, beberapa sumber sejarah diawetkan dan tidak banyak yang diketahui pada periode ini. Nama Mostar disebutkan pertama kali dalam sebuah dokumen tahun 1474.

Namun, sebelum tahun 1474 nama dua kota muncul dalam sumber sejarah abad pertengahan. Yakni kota Nebojsa dan Cimski Grad. Pada awal abad ke-15 county Večenike menutupi situs masa kini. Lagi-lagi sumber asal usul mengenai nama Mostar tertulis dalam piagam Raja Alfonso V dari Aragon yang di tahun 1454 diambil dari nama Pons/Jembatan yang sudah dibangun disana. Mostar sendiri memiliki kemiripan dengan kota Dalmatia yang berada di Kroasia.

Kartu pos yang sangat keren! Oh ya Stari Most cukup nampak di kartu pos ini. Dan Stari Mos/Old Bridge beserta kota tua Mostar adalah salah satu warisan situs dunia yang dilindungi UNESCO. Terdapat dua prangko di kartu pos ini. Prangko sebelah kiri seperti buku kuno yang tengah terbuka. Sedangkan yang disebelah kanan memperlihatkan bunga. Sayang saya tidak bisa mendapatkan informasi lebih banyak karena huruf yang digunakan berbeda dengan huruf latin. Kartu yang indah Snjezana. :)

Snjezana, hvala ti puno za ovaj prekrasan razglednice i markice. Ova kartica biti jedan od mojih omiljenih razglednica sada. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar