Minggu, 23 Februari 2014

[Guyana] The Golden Arrow



Guyana atau yang secara resmi bernama Republik Kooperatif Guyana adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di pantai utara Amerika Selatan. Meskipun Guyana adalah bagian dari Anglophone Karibia, namun Guyana bukanlah sebuah pulau. Sebagai anggota Carribbean Community (Caricom) Guyana mendapatkan kehormatan karena kantor pusat sekretariatnya berada di Georgetown yang juga merupakan ibukota Guyana.

Seperti halnya Indonesia, Guyana pernah dijajah Belanda. Guyana kemudian menjadi koloni Inggris selama 200 tahun sampai mendapatkan kemerdekaan pada tanggal 26 Mei 1966. Pada tanggal 23 Februari 1970, Guyana resmi menjadi negara republik. Guyana juga negara anggota Commenwealth of Nations dan menjadi satu-satunya negara Amerika Selatan yang memiliki bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Nama Guyana sendiri berasal dari kata Guiana, nama ini berasal dari kata Amerindian yang berarti "Tanah Banyak Air"

Secara spesifik saya akan membahas mengenai bendera nasional Guyana yang menjadi fokus utama gambar di kartu pos ini. Bendera Guyana dikenal dengan nama The Golden Arrow dan telah menjadi bendera nasional sejak Mei 1966. Bendera ini dirancang oleh Whitney Smith, seorang vexillologist Amerika meskipun awalnya bendera ini tanpa fimbriations hitam dan putih yang kemudian disarankan untuk ditambah oleh College of Arms di Inggris.

Proporsi perbandingan bendera nasional ialah 3:5. Warnanya sangat simbolis. Warna hijau menggambarkan pertanian dan hutan. Putih melambangkan sungai dan air. Warna emas melambangkan kekayaan mineral. Warna hitam untuk daya tahan dan terakhir warna merah untuk semangat dan dinamisme. Kartu pos yang dikirimkan dari Amerika Serikat ini menggunakan prangko kupu-kupu dan prangko yang memperlihatkan Althea Gibson (25 Agustus 1927 - 28 September 2003) yakni pemain tenis Amerika dan pegolf profesional. Ia adalah atlet pertama yang memenangkan gelar Glam Slam (Perancis Terbuka). Ini kartu pos yang keren! Arnold, thank you so much for this beautiful postcard. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar