Senin, 17 Februari 2014

[Christmas Island] Beautiful Flying Fish Cove



Christmas Island atau yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi Pulau Natal adalah sebuah wilayah luar negeri Australia yang terdiri dari 1 pulau. Sebetulnya letak pulau ini lebih dekat ke arah Pulau Jawa, tepatnya di sebelah barat daya Pulau Jawa. Namun Christmas Island tercatat menjadi bagian dari wilayah dari Australia di Samudera Hindia 2.600 km dari arah barat laut Perth, Australia Barat.

Pulau yang memiliki populasi sekitar 1.400-an warga ini tinggal di daerah pemukiman di ujung utara pulau yang dikenal dengan nama Flying Fish Cove/Kampong atau juga dikenal dengan nama Kota Perak, Kota Saan dan Drumsite. Pulau ini awalnya terisolasi secara geografis dan jauh dari jangkauan manusia hingga abad ke-19. Tak mengherankan jika berbagai flora dan fauna endemik di pulau ini relatif alami karena tak terganggu. Hal ini menjadi lokasi penting para ilmuwan dan naturalis untuk melakukan penelitian.

Kenapa pulau ini dinamakan Christmas Island? ini dikarenakan ketika Kapten William Wynors dari Royal Mary, sebuah kapal Inggris East India Company, berlayar melewati pulau ini pada Hari Natal tahun 1643. Pulau ini disertakan dalam navigasi Belanda pada awal abad ke-17. Namun pada tahun 1666 sebuah peta diterbitkan oleh kartografer Belanda Pieter Goos yang juga memasukkan pulau ini ke dalam peta tersebut. Awalnya beliau menamakan pulau ini sebagai Pulau Mony, sebuah nama yang mendefinisikan akan sesuatu yang belum jelas.

Namun, tahukan bahwa pulau ini dulunya pertama kali dihuni oleh Bangsa Melayu (Indonesia) karena umumnya penghuni pulau ini adalah orang Bugis yang mencari nafkah ke bagian Utara Australia termasuk ke Pulau Christmas ini. Namun, penjajah Inggris menjadikan penduduk asli pulau ini terpingirkan dan menjadikan penduduk asli sebagai orang kedua di pulau ini seperti halnya penduduk Aborigin yang mulai terpinggirkan. Ironis sekali. Walau begitu, sekarang Christmas Island menjadi salah satu tujuan wisata alam terkenal yang dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahunnya :)

Saya mendapatkan kartu pos ini dari Christmas Island Tourism Association, sebuah asosiasi yang memiliki misiutama untuk menjadikan Christmas Island diakui sebagai tujuan wisata utama dimana mereka memfokuskan pada kekuatan alam dan budaya serta memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian pulau tanpa mengecilkan nilai-niai budaya karena mereka menjunjug tinggi keberagaman budaya dan pelayanan yang maksimal. Keren banget :) eh ya, kalian juga bisa mengunjungi situs resmi Chistmas Island Toursim ya :)

Terima kasih banyak kepada Christmas Island Tourism Association yang sudah mengirimi saya kartu pos yang sangat indah ini. Semoga suatu hari nanti saya dapat berkunjung dan melihat langsung keindahan Pulau Christmas ini. Sebelum ini, mari kita lihat bersama keindahan Christmas Island melalui video ini :)


2 komentar:

  1. Suka banget <3 <3 <3 postcardnya, prangkonya apalagi postmarknya. HITS!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama!!! duluuuuuuu banget ketika masih SD, aku pernah baca tentang kepiting merah yang ada di pulau ini. Gak nyangka namanya Chrismas Island.

      Hapus