Jumat, 28 Februari 2014

[Croatia] Beautiful Rijeka City



Rijeka adalah kota terbesar ketika yang ada di Kroasia setelah ibukota Zagreb dan kota Split. Kota yang terletak di Kvarner Bay, Laut Adriarik ini merupakan kota pelabuhan utama yang ada di Korasia. Secara historis, karena terletak di daerah yang strategis dan pelabuhan air dalam yang sangat baik, kota Rijeka ini sempat diperebutkan oleh Italia, Hungaria dan Kroasia. Kota ini berpindah tangan dan demografi berkali-kali selama berabad-abad hingga kemudian resmi menjadi salah satu bagian dari negara Kroasia.

Penduduk Rijeka menggunakan bahasa unik yang disebut bahasa Venetian (Fiumano). Kota ini dikenal juga dengan nama Kroasia Rijeka dan beberapa nama variasi lainnya seperti Slovenia Reka dan Fiume Italia. Nama ini berarti sungai dimasing-masing bahasa. Sejarah mencatat telah ditemukan pemukiman Neolitik di wilayah ini. Pemukiman moderen paling awal ditemukan di Celtic Tarsatica yang terletak di atas bukit dan dihuni oleh suku pelaut Liburni. Pada masa Agugustus, Roma, Tarsatica dibangun kembali sebagai Flumen Municipium yang terletak di tepi kanan sungai kecil Rjecina (berarti Sungai Besar).

Dari abad ke-5 dan seterusnya, kota ini diperintah berturut-turut oleh Ostrogoth, Bizantium, Lombard, kaum Avar, kaum Frank, omasyarakat Kroasia, Hongaria dan Vebesia sebelum kendalinya dipegang oleh Archduchy dari Austria dan dipimpin oleh Habsburg Austria pada tahun 1466 dimana mereka menguasai Rijeka lebih dari 450 tahun kecuali di tahun 1805 sd 1813 dimana Perancis ambil alih sebelum dikuasai oleh laskar Italia dan Kroasia di akhir Perang Dunia.

Tertulis nama Frankovic Vucic di kedua prangko ini. Setelah saya cari, nama itu mengarah kepada Orsat Frankovic & Ivana Vucic dimana situs tersebut memperlihatkan informasi seputar wisata di Kroasia. Sepertinya kedua tokoh ini merupakan tokoh seni (Creative Director) yang penting di Kroasia. Kartu pos dan prangko yang bagus dari Anita. Terima kasih banyak Anita :) Thank you so much for this nice postcard and stamps, Anita ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar