Selasa, 04 Februari 2014

[Moldova] Uniknya Negara Transnistria



Gambar yang ada di kartu pos ini adalah area alun-alun Transnistria, yakni sebuah negara yang memisahkan diri walaupun sebagian besar wilayahnya terletak diantara Sungai Dniester di perbatasan Moldova timur dengan Ukraina. Sejak deklaras kemerdekaan pada tahun 1990 dan terutama setelah Perang Transnistria pada tahun 1992, terbentuklah Pridnestrovian Moldova Republika (PMR atau Pridnestrovie) negara dengan pengakuan terbatas dan mengklaim wilayah sebelah timur Sungai Dniester sebagai bagian dari negaranya.

Namun, Republik Moldova tidak mengakui keberadaan PMR dan mengangap sebagian besar wilayah Transnistria sebagai bagian dari Moldova dan menganggapnya sebagai unit wilayah otonomi dengan kebijakan hukum khusus Transnistria (Unitatea teritoriala Autonoma cu statut juridic Transnistria) atau Stinga Nistrului. Ibukota Transnistria adalah Tiraspol. Luar biasa polemik yang terjadi di negara ini. Sebagai ibukota Transnistria, di sisi lain jika diambil dari sudut pandang Republik Moldova maka Tiraspol adalah kota terbesar kedua di negara itu. Republik Moldova sendiri memiliki ibukota bernama Kishinev.

Luar biasa ya polemik yang terjadi di negara ini. Ibaratnya Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang dulu berontak dan ingin memisahkan diri dari Indonesia. Di sisi lain keadaannya sudah mirip seperti Timor Timur yang kini menjadi Timor Leste, namun bedanya Indonesia dan PBB kini mengakui penuh kemerdekaan negara itu. Beda dengan yang terjadi di Transnistria ini. Fakta inilah yang akhirnya menjawab pertanyaan saya mengenai adanya dua stempel yang ada di kartu pos ini. Stempel pertama terlihat cap kota Tiraspol dan stempel kedua yakni stempel Republik Moldova.

Kartu pos ini dikirimkan oleh Igor yang tinggal di kota kecil bernama Dnestrovsk, kota yang berada di tepi Cuciurgan Reservoir yang merupakan tempat berlokasinya pembangkit listrik Kuchurgan atau yang dikenal juga sebagai Moldobskaya Gres. Ini adalah kota yang didirikan pada masa Uni Soviet dengan pembangunan pabrik listrik besar yang saat ini dimiliki oleh Inter RAO UES.

Prangko kartu pos ini memperlihatkan hewan Columba livia gmel atau yang dikenal dengan nama The Rock Dove/Rock Pigeon yakni burung yang masih anggota dari ras columbidae (merpati) dengan ciri-ciri memiliki bulu berwarna abu-abu pucat dengan baris hitam pada setiap sayap. Habitat terbukanya diantara lain tersebar di Eropa termasuk di Moldova ini. Keren sekali! Igor, mulțumesc foarte mult pentru această carte poștală frumoasă :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar