Senin, 03 Februari 2014

[United Kingdom] Union Jack/Union Flag



The United Kingdom of Great Britain and Nothern Ireland biasa kita kenal dengan Britania Raya (kalau Inggris beda lagi) memiliki bendera kerajaan yang dikenal dengan sebutan nama Union Flag atau Union Jack (secara teknis penyebutan dua nama ini benar). Desain bendera ini dimulai pada saat tahun 1801 (masih Serikat Irlandia dan Britain Raya) yang memperlihatkan palang merah dari Saint George yang dianggap sebagai simbol perlindungan Inggris.

Bagian berwarna putih yang dilapiskan ke atas salib merah diagonal menandakan simbol perlindungan Irlandia (Saint Patrick). Sedangkan lapisan atas putih melambangkan simbil perlindungan Saint Andrew (Skotlandia). Bendera ini menjadi dasar desain sejumlah bendera lainnya. Termasuk anggota Commonwealth dan negara bagian atau provinsi konstituennya.

Terus terang, bendera United Kingdom ini adalah salah satu bendera nasional yang sebelum menerima kartu pos ini masih membuat saya bingung. Soalnya saya sering melihat bendera putih dan garis salib merah di beberapa pertandingan sepak bola yang menjadi identitas negara Inggris. Ternyata, bendera yang ada di kartu pos ini adalah bendera Britania Raya meliputi semua negara di dataran Great Britain.

Prangko kartu pos ini memperlihatkan kain Songket Mentek. Songket khas Bangka Belitung. Songket sendiri memang dikenal luas sebagai kain khas Sumatera Selatan. Mengingat dulunya Bangka Belitung menjadi bagian dari Sumatera Selatan saya pribadi menilai terdapat banyak kemiripan di motifnya. Rindu, terima kasih atas kartu pos ini ya :) menjawab pertanyaan yang ada di kartu pos, yup, menurut saya ini termasuk salah satu jenis flag postcard. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar