Minggu, 02 Februari 2014

[Belize] Sub Umbra Floreo



Belize adalah sebuah negara yang berada di pesisir timur laut Amerika Tengah. Belize juga merupakan satu-satunya negara di kawasan ini yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi meskipun penduduk Kreol Inggris (Kriol) lebih sering menggunakan bahasa Spanyol. Belize berbatasan dengan Meksiko di utara, Guatemala dari selatan hingga barat dan Laut Karibia di sebelah timur.

Asal mula penggunaan nama Belize tidak jelas, namun catatan paling awal mengenai nama ini ditemukan dalam jurnal dari pimpinan Dominican bernama Fray Jose Delgado tertanggal pada tahun 1677. Delgado mencatat nama-nama dari tiga sungai utama yang ia seberangi saat bepergian ke utara sepanjang pantai Karibia. Yakni, Rio Soyte, Rio Xibum dan Rio Balis. Nama-nama ini sesuai dengan keberadaan Sungai Sittee, Sungai Sibum dan Sungai Belize sehingga sangat mungkin Belize adalah kata Maya (dari Beliz) yang berarti "Berlumpur/disiram"

Belize dilimpahi kekayaan ekosistem di darat dan laut. Masyarakatnya beragam ditandai dengan banyaknya bahasa dan budaya. Negara ini awalnya bagian dari Kerajaan Inggris. Dari tahun 1862 sd 1973 namanya adalah British Honduras. Lalu menjadi commonwealth dan independen pada tahun 1981 dengan Ratu Elizabet II sebagai kepala negara. Mengenai judul "Sub Umbra Floreo" itu adalah julukan Belize dalam bahasa Latin yang berarti, "Under The Shade". Brenda, terima kasih atas kartu pos Belize ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar