Jumat, 28 Februari 2014

[Macedonia] Beautiful Ohrid City



Ohrid adalah nama sebuah kota yang terletak di Republik Makedonia (Republic of Macedonia) dan merupakan bagian dari Ohrid Munacipality. Ini adalah kota terbesar di Danau Ohrid dan kota terbesar kedelapan di Makedonia. Kota ini terkenal dengan keberadaan 365 gereja untuk menggambarkan setiap hari dalam satu tahun dan disebut sebagai Jarusallem of Balkans. Kota ini juga diperkaya dengan rumah dan monumen yang indah sehingga menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan UNESCO memproteksi kota ini sebagai warisan situs dunia yang harus dilindungi dan... bahkan menjadi salah satu dari 28 situs yang dilindungi UNESCO baik dalam kategori cultural dan juga nature. Luar biasa!

Pada zaman dahulu, kota ini dikenal dengan nama Yunani kuno sebagai kota Lychnidos (Λύχνιδος) yang berarti Kota Cahaya. Pada tahun 879 AD, kota ini tidak lagi disebut Lychnidos namun disebut oleh bahasa Slavia sebagai Ohrid (Охрид). Mungkin berasal dari kata vo Hrid yang berarti "Bukit" sebagai kota kuno Lychnidos berada di atas bukit. Di Albania, kota ini dikenal sebagai Oher atau Ohri dan dalam bahasa Yunani moderen bernama Ochrida (Οχρίδα).

Penghuni awal kawasan Danau Ohric adalah masyarakat Dassaretae, suku Yunani kuno dan masyarakat Enchelei, suku Illyrian. Dulu, terdapat Benteng Samuil yang dibangun pada abad ke-4 SM. Selama penaklukan Romawi, menjelang akhir abad ke-3 dan awal abad ke-2 SM keberadaan kota Yunani kuno Lychnidos disebutkan terkait keberadaan pangeran Phoenician Cadmus yang diusir dari Thebes di Boeotia dan lalu melarikan diri ke Enchelei yang kemudian mendirikan kota Lychnidos yang kelak menjadi kota Ohrid.

Kartu pos keren ini dihiasi oleh 5 prangko cantik. Sayang keterangan prangko ditulis dalam huruf yang tidak bisa saya baca. Namun kartu bergambar ikan bertuliskan Salmo Litnica atau Ohrid Trout yang merupakan spesies endemik yang berada di Danau Ohrid dan anak-anak sungai di sekitar kota Ohrid. Goran, terima kasih banyak atas kartu pos yang keren ini. Juga atas prangkonya yang banyak dan bagus :)

Goran, Ви благодарам многу за оваа прекрасна разгледница, а исто така марки. Прекрасно ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar