Minggu, 02 Februari 2014

[Bahamas] Grand Bahama Island



Freeport (seperti nama perusahaan tambang ya) adalah sebuah kota dan zona perdagangan bebas di Pulau Grand Bahama, Bahama. Pada tahun 1955, Wallace Groves, pemodal asal Virginia memberikan 50 ribu hektare dari pineyard (daerah rawa dan semak belukar) kepada pemerintah Bahama dengan tujuan pengembangan ekonomi daerah.  Hasilnya? Freeport kini tumbuh menjadi kota terpadat kedua di Bahama terlebih Bandar Udara Internasional Grand Bahama berada di kota ini.

Di kota ini terdapat The Rand Nature Centre yakni sebuah pulau kecil sekitar 300 meter lepas pantai Grand Bahama. Pulau ini sekaligus menjadi lokasi Lucayan National Park yang didirikan oleh Peter Barratt, mantan arsitek dan perencana kota dari Freeport. Terdapat gua bahwa air yang luas di area taman nasional ini. Gua yang sangat terkenal namun hanya boleh dieksplor oleh penyelam profesional bersertifikat.

Bahama sendiri adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 700 pulau di Samudra Atlantik. Beribukota Nassau di Pulau New Providence. Penunjukkan "Bahama" bisa mengacu ke negara atau rantai pulau yang lebih besar dengan kepulauan Turks dan Caicos seperti yang tercantum dalam manifesto Angkatan Pertahanan Kerajaan Bahama. Keren! Brenda, terima kasih atas kartu posnya :)

2 komentar: