Sabtu, 22 Februari 2014

[Saudi Arabia] Al-Safa and Al-Marwah



Shofa dan Marwah adalah nama dua bukit yang terletak di Masjidil Haram di kota Mekah, Arab Saudi. Ini adalah tempat dilaksanakannya ibadah Sa'i dalam rukun ibadah haji dan umrah. Sa'i dilakukan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil) sejumlah 7 kali bolak-balik dari Bukit Shafa dan Bukit Mawah, begitupun sebaliknya. Jarak antara kedua bukit ini yakni 405 meter. Ketika melintasi Bathnul Waadi yaitu kawasan yang terletak di antara bukit Shafa dan bukit Marwah (kini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau) para jema'ah pria disunahkan untuk berlari kecil sedangkan jama'ah wanita berjalan cepat.

Dalam sejarah Islam, Nabi Ibrahim As diperintah Allah Swt untuk meninggalkan istrinya Siti Hajar beserta putranya Ismail yang masih bayi di gurun sebagai ujian bagi keimanannya. Saat perbekalan habis, Siti Hajar mencari bantuan. Ia meninggalkan Ismail di tanah yang sekarang menjadi sumber mata air Zamzam. Siti Hajar meninggalkan Ismail karena berharap mendapatkan air di bukit Shofa. Namun dia tidak menemukan air tersebut lalu pindah ke bukit Marwah. Hal ini dilakukan sebanyak 7 kali. Saat ia kembali ke Ismail, ia melihat air telah memancar dari tanah di dekat kaki bayi Ismail yang sedang menangis.

Umat Islam percaya bahwa saat itulah Allah Swt mengutus malaikat Jibril untuk memunculkan air di sana. Ketika melihat air memancar, Siti Hajar menampungnya dalam pasir dan batu. Zamzam sendiri berati "Berhentilah Mengalir". Yakni ungkapan yang diucapkan berulang-ulang oleh Siti Hajar saat berupaya menampung air itu. Daerah di sekitar munculnya air tersebut lalu berubah menjadi sumur dan dijadikan tempat beristirahat bagi para Khalifah yang kelak berkembang menjadi kota Mekkah tempat lahirnya nabi Muhammas Saw. Saat ini jalan diantara Safa dan Marwah sudah dibangun untuk mempermudahkan para jama'ah dalam menjalankan rukun ibadah haji atau umrah. Mas Ardi, sekali lagi terima kasih atas kartu pos ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar