Rabu, 19 Februari 2014

[Saudi Arabia] Al-Masjid al-Nabawi



Al-Masjid al-Nabawi atau yang dikenal dengan Masjid Nabawi, adalah salah satu masjid terpenting bagi umat Islam (setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjidil Aqsa di Yarusalem). Masjid Nabawi terletak di Kota Madinah, Arab Saudi dan merupakan masjid yang dibangun oleh Rasulullah Saw setelah Masjid Quba yang didirikan Rasulullah dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Masjid Nabawi dibangun pada saat-saat pertama Rasululluah Saw tiba di Madinah. Suatu ketika nabi Muhammad Saw menghentikan perjalanannya dan tiba di lokasi penjemuran kurma milik yatim bersaudara Sahl dan Suhail bin 'Amr yang kemudian tempat tersebut dibeli oleh Rasulullah Saw hingga kemudian dibangun masjid dan dijadikan tempat tinggal Rasulullah Saw. Awalnya masjid ini berukuran 50 x 50 m dengan ketinggian atap 3,5 m. Rasul membangun masjid ini dengan tangannya sendiri bersama para sahabat dan kaum muslimin. Pengerjaannya memanfaatkan pohon kurma (seperti batang untuk tiang masjid).

Masjid ini berkali-kali direnovasi. Renovasi pertama dilakukan Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 Hijriah dan direnovasi kembali oleh Khalifah Utsman bin Affan pada tahun 29 H. Di zaman modern, Raja Abdul Aziz meluaskan masjid ini menjadi 6.024 meter persegi pada tahun 1372 H dan dilakukan perluasan kembali oleh Raja Fahd pada tahun 1414 H.

Salah satu bagian Masjid Nabawi yang terkenal adalah Raudlah yang berarti Taman Surga. Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan Allah Swt. Letaknya diantara mimbar dan makam Rasulullah Saw. Ya, Rasulullah Saw memang dimakankan di tempat ini. Tepatnya di sebuah ruangan yang dahulunya merupakan kamar Ummul Mukminin Aisyah ra, Istri nabi Saw. Kedua sahabat nabi, Abu Bakar Al-Shiddiq dan Umar bin Khattab pun dimakamkan di tempat yang tak berjauhan.  Mas Ardi, terima kasih kartu pos ini. Bismillah, semoga suatu hari bisa berkesempatan mengunjungi langsung Masjid Nabawi ini. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar