Selasa, 04 Februari 2014

[Japan] Lucky Cat : Maneki Neko



The Maneki Neko atau Kucing Pemanggil adalah jimat keberuntungan yang dibuat dari keramik. Patung ini menggambarkan kucing yang memanggil dengan kaki tegak dan tangan melambai yang biasanya ditempatkan di pintu masuk toko, restoran, pachinko dan tempat usaha lainnya. Beberapa patung sudah menggunakan tenaga listrik dan dapat bergerak. Nama lain The Maneki Neko adalah Lucky Cat atau Kucing Keberuntungan.

Warna umum Maneki Neko adalah putih, hitam, emas dan terkadang merah. Maneki Neko juga dibuat dalam bentuk gantungan kunci, celengan, penyegar udara, pot dan berbagai ornamen lainnya. Maneki Neko sering dianggap Kucing Keberuntungan dari Cina karena populer di pedagang Cina padahal ini asli dari Jepang.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Maneki neko berasal dari Osaka. Sebagian lagi mengatakan berasal dari Edo (Tokyo). Maneko Neko pertama kali muncul selama bagian akhir dari periode Edo di Jepang. Pada tahu 1876 selama era Meiji, Mineki Neko disebutkan dalam sebuah artikel koran dan ada bukti bahwa ada Maneki Neko dibagikan di sebuah kuil di Osaka.

Konon dulu ada sebuah kucing yang kerap mengusap wajahnya. Nah, jika kucing mengusap wajah biasanya pengunjung akan segera tiba di sebuah toko. Kepercayaan ini sesuai dengan pepatah cina kuno yang mengatakan bahwa jika kucing mengusap wajah, maka hujan akan turun. Dengan demikian ada kemungkinan pengunjung akan mampir dan berteduh sehingga secara tidak langsung berarti rezeki bagi pemilik toko. Keren juga ya ceritanya :) Mbak Ika, terima kasih banyak atas kartu pos yang keren ini ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar