Minggu, 16 Februari 2014

Ciggarete Can



Seperti yang tertulis di dalam kartu pos bahwa ini merupakan gambar kaleng rokok tua, namun setelah ditelusuri ternyata kaleng rokok ini memberikan informasi lebih banyak dari yang saya kira sebelumnya :) Gampang saja, ketika saya melakukan pencarian dengan kata kunci "Ardath Tobacco Company" saya akhirnya menemukan informasi mengenai perusahaan rokok legendaris ini :)

Ardath Tobacco adalah perusahaan yang didirikan pada akhir abad ke-19 di London, Inggris. Awalnya, perusahaan ini bernama Albert Levy & Thomas. Pada tahun 1893, Sir Albert Levy, seorang pedagang tembaka dari London mengunjungi Amerika Serikat dan menetap sementara di New York. Di Amerika inilah, dia berkesempatan menaiki kereta Empiro State Express, kereta pertama yang memecahkan rekor kecepatan hingga 100 mph/160 km per jam.

Ketika Sir Albert kembali ke Inggris, ia mendaftarkan nama Express State sebagai merek dagang bersamaan dengan serangkaiannomor tiga digit yakni dari no. 111 hingga 999. Semua angka itu ia gunakan sebagai merek tembakau dengan campuran berbeda. Misalnya saja tembakau merek 444 dibuat dari tembakau macedonia, dan tembakau Turki untuk nomor 777.

Nama perusahaan ini berubah pada tahun 1901 dan terpecah kembali ketika dijual pada tahun 1925. British American Tobacco memperoleh hak dagang luar negeri perusahaan Ardath ini. Sedangkan Imperial Tobacco Group ditahan hak penjualannya di Inggris dan Irlandia. Express State sendri sangat sukses besar di Cina (dan bisa jadi juga menyebar ke negara Asia lainnya termasuk Indonesia). Perusahaan ini kemudian dibeli oleh Royal Warrant/ Raja George VI pada tahun 1946. Wow, luar biasa! saya mendapatkan informasi sejarah sebuah perusahaan dari sekaleng rokok :) mbak Vivera, terima kasih atas kartu pos yang unik ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar