Minggu, 02 Februari 2014

[Poland] Bieszczady Mountains : Gunung Tiga Negara



Tidak salah jika Gunung Bieszczady saya sebut sebagai Gunung Tiga Negara karena Bieszczady adalah pegunungan yang membentang dari Polandia melalui Ukraina dan Slovakia. Pegunungan yang terletak antara Lupkow Pass (640 m) dan Vyshkovskyi Pass (933) ini membentuk bagian barat Beskids Timur (Beskidy Wschodnie). Puncak tertinggi gunung ini adalah Pikuy (1.405 m) yang berada di Ukraina sedangkan di Polandia sendiri puncak tertingginya bernama Tarnica (1.346 m).

Di sudut kiri atas kartu pos terlihat pemandangan indah wilayah Solina, sebuah desa yang berada di Lesko County, Provinsi Podkarpacie yang terletak di selatan-timur Polandia. Desa ini terkenal sebagai desa spa yang terletak di tepi Danau Solina yang merupakan salah satu wisata populer di Polandia. Nama desa ini diambil dari kata Solanka yang berarti Brine atau Air Garam.

Yang terakhir, yang berada di kanan atas adalah Polanczyk. Sebuah desa yang juga terletak di Lesko County. Desa ini pertama kali disebutkan pada tahun 1580. Polanczyk diambil dari kata Polana yang berarti rawa. Desa ini berada di sisi lain Danau Solina yang juga menjadi salah satu tujuan wisatawan.

Mengenai prangkonya, saya akan membahas dimulai dari prangko paling kiri. Prangko bertuliskan Katowice yang merupakan nama sebuah kota di Upper Silesia di selatan Polandia. Prangko yang ada ditengah memperlihatkan kota Sieradz, salah satu kota tertua di Polandia. Kota yang terletak di Sungai Warta ini ini menjadi lokasi penobatan raja di Polandia. Sedangkan prangko terakhir bertuliskan M.Dabrowska yang begitu saya cari di mesin pencarian lantas mengarahkan ke tokoh bernama Maria Dabrowska yakni seorang novelis, eseis, penerjemah sastra dan menjadi sastrawan paling penting dari abad ke-20 yang berasal dari Polandia. Isabelle, terima kasih atas kartu pos yang keren dan sarat informasi ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar