Kamis, 27 Februari 2014

[United State of America] The Mythical Sea God Neptune



Neptune atau Neptunus bukan hanya nama sebuah planet namun juga nama dewa Romawi. Neptunus adalah dewa air tawar dan air laut yang juga mitra dari dewa Yunani Poseidon. Dalam silsilah 'keluarga' Yunani, Neptunus adalah saudara dari Jupiter dan Pluto. Masing-masing memimpin alam surga, bumi dan underworld. Neptunus memiliki permaisuri bernama Amphitrite.

Penggambaran Neptunus dalam mozaik Romawi sangat dipengaruhi hal-hal di periode Helenistik. Yakni priode dimana sejarah Yinani dan Mediterenia kuno diantara kematian Alexander Agung pada tahun 323 SM serta munculnya kekaisaran Romawi yang ditandai oleh Pertempuran Actium di tahun 31 SM. Sama seperti Poseidon, Neptunus dipuja oleh orang Romawi dan dikenal juga sebagai dewa kuda.

Patung ini dibuat oleh Roland Hinton Perry (25 Januari 1870 - 28 Oktober 1941) seorang pematung dan pelukis kelahiran New York dan sempat bersekolah di Ecole des Beaux Arts pada tahun 1890. Pada usia 21 tahun ia belajar di Academie Julian dan Academie Delucluse di Paris dan fokus pada media patung sehingga ia dipercaya membuat Neptune Fountain ini di depan gedung Library of Congress atau yang sekarang bernama Thomas Jafferson Building.

Saya selalu suka jika mendapatkan kartu pos dari Amerika Serikat. Salah satunya, Amerika Serikat memiliki koleksi prangko yang sangat bagus. Tiga kartu pos di bawah menggambarkan Silver Coffeepot, American Toleware dan American Clock. Bagus! Sisanya merupakan prangko edisi tahun baru dan Natal. Craig, thank you so much for this great postcard :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar