Rabu, 12 Februari 2014

[Myanmar] Kyaiktiyo Pagoda



Burma atau yang sekarang kita kenal sebagai Myanmar adalah sebuah negara yang berada di Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Bangladesh, India, China, Laos dan Thailand. Dengan populasi lebih dari 60 juta jiwa menjadikan negara ini berada di posisi ke-24 sebagai negara terpadat di dunia dan menjadi negara terbesar ke-40 di dunia dan terbesar ke-2 di Asia Tenggara. Ibukota Myanmar adalah Yangon sebelum dipindahkan ke Naypyidaw pada tanggal 7 November 2005.

Perubahan nama Burma menjadi Myanmar sendiri dilakukan oleh pemerintahan junta militer pada tanggal 18 Juni 1989. Pergantian nama ini dilakukan agar etnis non-Burma mau menjadi bagian dari negara. Walau begitu, perubahan nama ini tidak sepenuhnya diadopsi oleh dunia Internasional. Terutama negara-negara persemakmuran Inggris yang masih menyebut negara ini sebagai Burma. Pemerintah AS juga tidak mengakui legitimasi kekuasaan junta militer sehingga masih menggunakan nama Burma. Uniknya, media besar seperti The New York Times, CNN dan asosiasi pers sudah menggunakan nama Myanmar dalam pemberitaan mereka.

Nah gambar yang ada di kartu pos ini ialah Kyaiktiyo Pagoda atau yang juga dikenal sebagai Golden Rock Pagoda dikarenakan terdapat sebuah batu besar yang seolah-olah melawan grativasi karena batu ini terus bertahan walaupun posisinya sudah hampir jatuh ke bawah bukit. Ini adalah sebuah situs ziarah Buddhis terkenal di Myanmar. Dalam bahasa Mon, kata Kyaik berarti Pagoda. Yo berarti Kepala Pertapa sehingga Kyaikhtiyo berarti Pagoda di Atas Kepala Petapa.

Menurut legenda, terbetuknya batu emas ini terjadi takkala Buddha pada suatu kunjungan memberikan sehelai rambut kepada Taik Tha, seorang pertapa. Pertapa itu lalu menyimpan rambut itu dan memberikannya kepada raja dengan harapan bahwa rambut itu akan diabadikan ke dalam sebuah batu berbentuk kepala. Raja yang mewarisi kekuatan supranatural dari Zawgyi (ayah sang raja) lalu mencari batu di dasar laut. Dengan bantuan dari Thagyamin, raja menemukan batu emas dan mulai membangun pagoda. Rambut dari Buddha itulah yang membuat batu tersebut tetap berdiri walaupun terlihat akan jatuh. Kisah yang luar biasa!

Kartu pos ini keren sekali! :) Prangko yang digunakan adalah prangko seri Sea Games dimana Sea Games ke-27 memang diadakan di Myanmar pada pertengahan Desember tahun 2013 dimana inilah kali pertama Myanmar dipercaya sebagai tuan rumah Sea Games dan langsung menempati runner up sebagai pengumpul perolehan medali terbanyak. Mbak Fe, terima kasih banyak atas kartu pos yang kece dan keren ini ^^

2 komentar:

  1. yaaay....perjalanan itu kartupos 2 bulan, sampai mba kira ga nyampe.. betul memang situs itu keren banget Yan, ulasannya Yayan jitu loh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren karena postcardnya emang keren mbak :)
      Pasca tahun baru ntah kenapa pengiriman kartu dari LN memang agak lama sampenya. Sebaliknya, kiriman dari Indonesia ke LN lumayan cepat :)

      Hapus