Selasa, 25 Februari 2014

[Greece] The Acropolis of Athens



The Acropolis of Athens (Yunani : Ακρόπολη Αθηνών ) adalah sebuah benteng kuno yang teletak di bukit yang berada di kota Athena, Yunani dimana wilayah ini tersimpan beberapa bangunan kuno dan bersejarah dengan signifikasi arsitektur yang luar biasa. Salah satu yang terkenal adalah Parthenon. Acropolis sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni ἄκρον (akron, yang berarti "Tepian") dan πόλις (polis, yang berarti "Kota"). Meskipun banyak Acropoleis lain di Yunani, jika wisatawan menyebut Acropolis maka Acropolis Athena inilah yang dimaksud sehingga dikenal sebagai "The Acropolis."

Meskipun terdapat bukti bahwa bukit itu dihuni sejak milenium SM keempat. Seorang negarawan Yunani yang berpengaruh bernama Pericles (c.495-429 SM) mengkoordinasikan konstruksi pembangunan berbagai situs penting pada abad ke-5 SM. Termasuk juga Parthenon, Propylaia, Erechteion dan candi Athena Nike. Sayang, Parthenon dan bangunan lainnya rusak berat di tahun 1687 setelah pengepungan pasukan Venesia dalam Perang Morean karena Parthenon digunakan untuk gudang penyimpanan mesiu dan meriam. 

The Acropolis terletak diperbukitan sekitar 150 meter di atas permukaan laut di Athena. Luasnya sekitar 3 hektare. Tidak banyak yang diketahui mengenai penampilan arsitektur Acropolis sampai era Archaic. Di Abad ke-7 dan ke-6 SM, situs ini diambil alih oleh Kylon selama kegagalan Kylonian. Juga pernah diambil alih sebanyak dua kali oleh Peisistratus dengan cara melakukan kudeta. Peisistratus kemudian membangun gerbang masuk atau Propylaea dan membangun sebuah kuil yang dulunya berada di situs Parthenon.

Salah satu kartu pos terkeren yang pernah saya terima. Yunani-nya sendiri pun sudah sangat terkenal dan antik. Makanya UNESCO pun menjadikan Acropolis sebagai salah satu warisan situs dunia yang harus dilindungi. Rasanya hampir semua orang ingin mengunjungi negara ini. Oh ya, ketiga prangkonya juga bagus-bagus. Namun sayang karena ditulis dalam bahasa Yunani sehingga saya tidak bisa mendapatkan informasi mengenai gambar yang ada di kartu pos tersebut. Milda, ini kartu pos yang hebat! terima kasih banyak ;)

Milda, Σας ευχαριστώ πολύ για αυτή την όμορφη καρτ ποστάλ και γραμματόσημα ωραία. Αυτή η κάρτα θα είναι μια από τις αγαπημένες μου καρτ-ποστάλ. Εντελώς φοβερό! :)

2 komentar:

  1. Sumpah! Ini keren banget, Yan....
    Lucky you!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan ini aku swapnya tanpa milih mbak. Aku cuma bilang aku suka city view dan dikirimin ini. Suka banget :)

      Hapus